Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat

Cara mempercepat loading blog menjadi super cepat - Apakah anda mencicipi bahwa kecepatan loading blog anda sangat lama? Itu sangat membosankan bukan? Loading blog yang terlalu usang memang menjengkelkan dan memperlihatkan dampak jelek kepada sebuah blog. Misal blog anda terkenal dengan loadingnya yang lambat, niscaya pengunjung sudah menandai blog anda, Dalam hati bilang begini “alah blog itu yang loadingnya lama. Mending blog yang ini loading nya sangat cepat”. Sangat fatal sekali kan efeknya bagi blog anda.

Tentunya anda tidak mau kan kehilangan pengunjung blog anda alasannya yaitu blog anda yang sangat lambat loadingnya, padahal kualitas artikel anda sudah bagus. Sangat disayangkan sekali jikalau blog anda kehilangan kesempatan untuk mendominasi SERP hanya alasannya yaitu loading blog yang lama.
Cara mempercepat loading blog menjadi super cepat Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat

Faktor yang menghipnotis kecepatan loading sebuah blog

Faktor yang menghipnotis kecepatan loading sebuah blog yaitu banyaknya widget yang digunakan. Kebanyakan blogger pemula, sama menyerupai aku dulu, malah lebih mementingkan tampilan dari pada kualitas artikel. Dulu aku lebih menentukan memasang widget salju berterbangan, burung burung yang berterbangan kesana kemari sambil tertawa, dan menciptakan animasi kursor yang sangat alay. Tapi semua itu sudah aku tinggalkan semenjak aku mengetahui bahwa kecepatan loading sebuah blog menjadi faktor penentu ranking google. Mulai ketika itu aku berusaha menciptakan loading blog aku menjadi super cepat yang bisa diakses ketika koneksi lambat sekalipun. Saya mulai melepas widget widget alay dan sebagainya.

Cara mempercepat loading blog menjadi super cepat

Aku rasa berbagai blogger yang ingin mempercepat blog mereka. Nah, anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena pada artikel aku kali ini aku akan membahas bagaimana cara mempercepat loading blog menjadi super cepat. Simak caranya sebagai berikut.

1. Kurangi jumlah widget
Sudah sedikit aku paparkan diatas. Penggunaa widget yang berlebihan akan menciptakan loading blog anda menjadi lebih lambat. Kaprikornus kurangi penggunaa widget widget yang tidak terlalu penting, misal widget salju, widget burung burung berterbangan, widget bintang bintang berjatuhan dan masih banyak lagi. Silahkan pasang widget yang memang mempunyai banyak manfaat, misalkan widget postingan terkenal dan widget label. Kaprikornus kesimpulannya yaitu jangan gunakan widget berlebihan.

2. Background blog anda
Background blog ternyata juga menghipnotis kecepatan loading sebuah blog. Sebuah blog alangkah lebih baik memakai background putih polos saja. Hindari penggunaan backgroung gambar alasannya yaitu akan memperlambat loading blog anda.

3. Kurangi penggunaan gambar
Penggunaan gambar memang sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung blog anda. Akan tetapi penggunaan gambar yang berlebihan malah mengakibatkan loading blog anda semakin lambat. Kaprikornus lebih baik gunakan beberapa gambar saja, namun sudah bisa menjelaskan maksud dari artikel anda. Sebelum memposting sebuah gambar pun alangkah lebih baik untuk mengecilkan ukuran gambar nya. Kalau aku sih mengecilkan ukuran gambar memakai paint bawaan windows. Usahakan ukuran gambar kurang dari 200kb

4. Minimalisir penggunaan multimedia
Yang dimaksud multimedia disini yaitu audio atau video yang mungkin anda lampirkan kedalam artikel anda. Alangkah lebih baik jikalau artikel hanya berupa goresan pena saja dan disertai beberapa gambar sebagai penjelas. Apabila memang ingin memakai video, alangkah lebih baik video tersebut diupload di youtube dan di artikel kita diberi sebuah link yang mengarah ke video tersebut di youtube.

5. Mengatur struktur CSS dan Java Script
Kode CSS dan JS merupakan pondasi utama sebuah template. Oleh alasannya yaitu itu untuk memaksimalkan loading blog, kita harus membuat struktur CSS dan JS menjadi seringkas mungkin dan serapi mungkin. Agar terhindar dari isyarat kode yang berulang dan memperlambar loading blog. Untuk JS, mungkin anda bisa memasang Javascript Lazyload semoga blog anda lebih cepat.

6. Buat homepage blog menjadi simple
Tampilan homepage ternyata juga menghipnotis kecepatan loading sebuah blog. Demi kecepatan blog dan kenyamanan pengunjung, alangkah lebih baik jikalau home page dibentuk simple dan rapi. Homepage yang anggun yaitu yang tampilannya clean, tidak semrawut, biasanya dihompage hanya tediri dari judul artikel dan tumbnail kecil. Untuk artikelnya lebih baik di buat menjadi “Read More” atau “Baca selengkapnya”. Selain mempermudah pengunjung dalam mencari judul artikel ternyata itu juga memperingkas artikel yang ditampilkan dihomepage dan tentunya akan meringankan loading blog anda.

7. Kurangi jumlah iklan
Nah ini yang biasanya tidak disadari oleh kebanyakan pemilik blog. Untuk mengejar pendapatan yang tinggi, kebanyakan blogger akan memasang iklan yang banyak yang bertujuan untuk mendapat lebih banyak klik. Memang sih klik yang didapatkan akan lebih benyak, akan tetapi loading blog pun juga semakin lambat, selain itu juga menciptakan pengunjung blog menjadi kurang nyaman. Jadi kita lebih baik memasang beberapa unit iklan. normalnya sih 4-5 unit iklan. Kita bisa kok mendapat banyak klik hanya dengan memasang beberapa iklan saja. Namun iklan tersebut harus dipasang ditempat yang strategis, yaitu :
a. Di sidebar blog
b. Di bawah judul artikel
c. Di tengah postingan

Nah kurasa itulah beberapa tips dari aku untuk mempercepat loading blog semoga lebih menjadi super cepat. Setelah anda mengoptimasi kecepatan loading blog anda. Silahkan anda cek kembali kecepatan loading blog anda dengan Gtmetrix atau Google Pagespeed. Terimakasih telah berkunjung ke www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

0 Komentar untuk "Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Cepat"

Back To Top